Latest Post

Sebuah situs/web harus dijadikan responsif ?

Blogger Blog, blogger bingung
Bayangkan pengguna melihat situs Anda di perangkat mobile. Dapatkah pengguna membaca laman Anda dan menemukan informasi yang diperlukan dengan mudah, ataukah laman terlalu sulit untuk digunakan? Versi desktop situs mungkin sulit untuk dilihat dan digunakan di perangkat seluler. Versi yang tidak mobile-friendly meminta pengguna untuk memperkecil atau memperbesar situs web agar dapat membaca konten. Pengguna menjadi jengkel dan cenderung meninggalkan situs. Bertolak belakang dari itu, versi mobile-friendly dapat dibaca dan digunakan secara langsung.

Di AS, 94% orang dengan ponsel cerdas menelusuri informasi lokal di ponsel mereka. Menariknya, 77% penelusuran seluler dilakukan di rumah atau di kantor, tempat komputer desktop kemungkinan ada.

Mobile menjadi sangat penting bagi bisnis Anda dan akan terus begitu – apakah Anda menulis blog tentang tim olahraga favorit, bekerja di situs web untuk komunitas teater, atau menjual produk kepada calon klien. Pastikan pengunjung dapat memiliki pengalaman yang baik di situs Anda saat mengunjungi dari perangkat mobile!

Apa saja tiga hal teratas yang harus saya ketahui saat membuat situs untuk perangkat mobile?

1. Beri kemudahan untuk pengguna.
Bantu pengunjung situs Anda menuntaskan tujuan mereka. Mereka mungkin ingin dihibur oleh entri blog Anda, mendapatkan alamat restoran, atau membaca ulasan tentang produk Anda. GVP dan Chief Technology Officer of eCommerce Walgreens, Abhi Dhar, menjelaskan, “Tujuan kami dengan segala yang kami lakukan di seluler adalah untuk menjadikan hidup pelanggan kami lebih mudah”.

Desain situs Anda untuk mempermudah pelanggan menyelesaikan aktivitas yang paling umum: dari konsepsi aktivitas, mengunjungi situs Anda, hingga menyelesaikan aktivitas.

2. Ukur efektivitas situs web Anda dengan seberapa mudah pelanggan seluler dapat menyelesaikan aktivitas umum.
Membuat situs seluler memerlukan penentuan prioritas. Mulailah dengan mencari tahu aktivitas yang paling penting dan umum buat pelanggan seluler Anda. Kemampuan untuk mendukung aktivitas ini sangat penting dan ini adalah mengapa situs seluler Anda diukur melalui seberapa baik pelanggan menyelesaikan tujuan mereka. Ada juga cara mendesain situs Anda untuk memberikan kemudahan dalam penggunaan situs Anda. Fokus pada konsistensi tampilan (interface) Anda dan berikan pengalaman yang seragam di seluruh platform.

"Pembeli seluler mengutamakan kemudahan penggunaan dalam hal situs belanja mobile, dengan 48% responden yang menyebutkan hal tersebut sebagai kualitas yang terpenting dari sebuah situs seluler yang mereka kunjungi," dikutip dari MediaPost.

3. Pilih template, tema, atau desain seluler yang konsisten untuk semua perangkat (pergunakan desain web responsif).
“Desain web responsif” atau RWD berarti bahwa laman menggunakan URL yang sama dan kode yang sama, meskipun pengguna menggunakan komputer desktop, tablet, atau telepon seluler – hanya tampilan yang disesuaikan atau "menanggapi" ukuran layar. Google menyarankan penggunaan RWD dibandingkan pola desain lainnya. Salah satu manfaat RWD adalah Anda hanya perlu memelihara satu versi situs, bukan dua (Anda tidak perlu memelihara situs desktop di www.example.com dan versi seluler di m.example com - Anda hanya akan memelihara satu situs, seperti www.example.com, untuk desktop dan pengunjung seluler).

"Penggunaan RWD memungkinkan Baines & Ernst mengoptimalkan pengalaman situsnya di berbagai ukuran layar tanpa membuat beberapa situs web. Mereka melihat bahwa pengunjung mengunjungi 11% lebih banyak laman di situs per kunjungan dan konversi seluler meningkat sebesar 51%."

"Konversi" terjadi saat seorang pelanggan melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk, menghubungi bisnis, atau mendaftar untuk buletin.

Untuk detail tentang cara menerapkan desain web responsif, lihat konten pengembang di Dasar-Dasar Web. Jika Anda ingin mempertimbangkan pro dan kontra dari penerapan yang berbeda untuk seluler, tablet, dan situs web desktop, baca Membuat Situs Web untuk Konsumen Multilayar.

Apa saja tiga kesalahan teratas yang perlu dihindari pemula?

Kesalahan 1 - Melupakan pelanggan seluler mereka.
 
Ingat bahwa situs seluler yang bagus itu berguna – situs tersebut dapat membantu pengunjung menyelesaikan tugas mereka, baik tugas membaca artikel yang menarik atau memeriksa lokasi toko Anda. Jangan terjebak dalam perangkap untuk hanya membuat situs yang diformat untuk seluler (yang terlihat menarik di perangkat mobile) karena akan menghilangkan semua fungsi yang berguna. Sebagai gantinya, ingat untuk membuat situs yang mobile-friendly (yang sangat berguna untuk pelanggan seluler dan dioptimalkan untuk tugas yang paling umum untuk pengguna).

Kesalahan 2 - Menerapkan situs seluler di berbagai domain, subdomain, atau subdirektori dari situs desktop. 
M: eskipun Google mendukung beberapa konfigurasi situs seluler, membuat URL seluler yang terpisah sangat meningkatkan jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk memelihara dan memperbarui situs Anda, serta menghadirkan kemungkinan sumber masalah teknis. Anda dapat menyederhanakan segalanya secara signifikan dengan menggunakan desain web responsif (RWD) dan memberikan URL yang sama untuk desktop dan mobile! Desain web responsif adalah konfigurasi yang disarankan Google.


Kesalahan 3 - Bekerja dalam isolasi, bukan mencari inspirasi.
Lihat situs lain dalam bidang Anda atau pesaing Anda untuk mendapatkan inspirasi dan praktik terbaik. Meskipun Anda mungkin bukan yang pertama di industri dengan situs seluler, Anda memiliki manfaat yaitu mampu belajar dari orang lain sebelum Anda. The Mobile Playbook dan Kisah Sukses Multilayar Google juga penuh dengan ide.


Dilansir dari : https://developers.google.com/webmasters/


1 Response to "Sebuah situs/web harus dijadikan responsif ?"

  1. Wah mantap sekali mas bro, untung aku sudah memakai Responsive Template

    BalasHapus

Berkomentar menunjukkan karakter dan pribadi anda yang sebenarnya, oleh karenanya tinggalkan komentar anda sesuai budaya orang Timur, tapi jangan promosi produk ...........
Sebelumnya saya mohon maaf bilamana ada keterlambatan balasan komentar, semata-mata karena kesibukan di dunia nyata.

Twitter