Latest Post

MEMBUAT BLOG AGAR TAMPIL LEBIH KEREN

Membuat blog agar tampil lebih keren pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara atau trik-trik menarik. Membuat blog agar tampil lebih keren ini secara sederhana dapat dilakukan dengan memodifikasi menu navigasi, memodifikasi kotak komentar, memodifikasi widget popular-post (agar bisa bergerak), memodifikasi navigasi halaman (agar dapat tampil lebih manis dan profesional), memodifikasi tampilan widget & footer, memasang tombol share is sexy, memasang menu admin di bawah postingan, memasang menu related-post with thumbnail, memasang navigasi permalink SEO dan masih banyak lainnya. Membuat blog agar tampil lebih keren ini dapat pula dilakukan secara radikal yaitu dengan mengganti template blog.

Dari sekian banyak cara yang telah saya uraikan di atas, hendaknya dalam rangka membuat blog agar tampil lebih keren ini memperhatikan beberapa aspek penting, diantaranya adalah :

Pertama, buatlah tampilan blog itu sesuai dengan thema blog atau postingan yang ingin anda share kepada rekan-rekan yang lainnya, jangan terlalu over, karena hal ini dapat saja berakibat ketidak sesuaian tampilan blog dengan thema postingan yang ada. Misalnya demikian, anda menampilkan blog anda dengan terlalu banyak widget yang berkelip-kelip serta variasi kursor yang berlebihan. Hal ini bisa saja mengganggu konsentrasi pengunjung (visitor) blog anda saat sedang membaca artikel-artikel dalam blog anda.

Kedua, pasanglah atau gunakanlah widget-widget yang memang diperlukan serta mendukung keberadaan blog anda, tidak usah terlalu berlebihan. Misalnya, anda memasang penunjuk waktu atau jam pada blog anda, nampaknya hal ini baik, namun apa fungsinya ? Bukankan pada setiap browser atau katakanlah setiap sistem windows yang ada sudah menampilkan informasi tentang waktu atau jam itu sendiri. Jadi kesimpulannya pemasangan penunjuk waktu atau jam pada blog itu sepertinya merupakan suatu hal yang mubazir, dan bisa jadi hanya akan memperberat loading blog anda.

Ketiga, dalam rangka membuat blog agar tampil lebih keren ini hendaknya tetap memperhatikan aspek-aspek optimasi blog, aspek mana yang tetap harus terjaga dan terpelihara agar blog kita dapat tampil lebih cepat (ringan loadingnya) serta tetap disayang Google search engine atau mesin pencari lainnya. Prinsip-prinsip optimasi blog ini penting untuk meningkatkan pagetraffic  dan  pageviews blog anda (hal ini berkaitan dengan Alexa rank) serta dapat meningkatkan pagerank (Google rank) blog anda.

Keempat, membuat blog agar tampil lebih keren tidak berarti harus mengajak visitor (pengunjung) berputar-putar di dalam blog kita hanya untuk menemukan sebuah topik yang sedang dicarinya. Lebih baik kita 'to the point' saja, karena hal ini akan membawa visitor atau pengunjung blog kita merasa lebih senang. Siapa yang mau dibawa berputar-putar hanya untuk menemukan satu informasi saja (dan ironisnya, informasi tersebut malah tidak ada di blog kita) ?. Prinsip simple, sistematis dan cepat-tepat harus selalu menjadi perhatian yang utama di dalam proses pengelolaan blog. Ingatlah satu prinsip ini, artikel yang kita tulis atau kita bahas bisa jadi telah ditulis atau dibahas oleh ribuan bahkan jutaan blog yang lain, yang mungkin saja telah memperoleh peringkat serta posisi-posisi yang lebih bagus (dari pada blog kita) dalam search engine. Oleh karenanya prinsip simple, sistematis dan cepat-tepat itulah senjata kita untuk memenangkan persaingan dengan blog-blog yang lainnya.


2 Responses to "MEMBUAT BLOG AGAR TAMPIL LEBIH KEREN"

  1. DUNIA BLOG : Wah sepertinya aku harus mengerti hal ini sejak awal nge-blog ya, mantap Kang. Salam

    BalasHapus
  2. Selamat datang, terima kasih atas apresiasi anda Mas Bro ....

    BalasHapus

Berkomentar menunjukkan karakter dan pribadi anda yang sebenarnya, oleh karenanya tinggalkan komentar anda sesuai budaya orang Timur, tapi jangan promosi produk ...........
Sebelumnya saya mohon maaf bilamana ada keterlambatan balasan komentar, semata-mata karena kesibukan di dunia nyata.

Twitter